Tutorial inkscape dasar

Panning the canvas

Ada banyak cara untuk pan (gulir) kanvas dokumen. Coba  Ctrl+arrow panah untuk menggulir oleh keyboard. (Coba ini sekarang untuk gulir ke bawah dokumen ini.) Anda juga dapat menyeret kanvas dengan tombol tengah mouse. Atau, Anda dapat menggunakan scrollbar (tekan Ctrl+B untuk menampilkan atau menyembunyikan mereka). Roda pada mouse anda juga bekerja untuk scrolling vertikal; tekan Shift dengan roda untuk menggulir horizontal.

Zooming in or out

Cara termudah untuk zoom dengan menekan - and + (atau =) kunci. Anda juga dapat menggunakan Ctrl + klik tengah atau Ctrl + klik kanan untuk memperbesar, Shift + klik tengah atau Shift + klik kanan untuk memperkecil, atau memutar roda mouse dengan Ctrl. Atau, Anda bisa klik pada entry field zoom (di sudut kanan bawah jendela dokumen), ketik nilai memperbesar tepat dalam%, dan tekan Enter. Kami juga memiliki alat Zoom (pada toolbar di sebelah kiri) yang memungkinkan Anda untuk memperbesar ke suatu daerah dengan menyeret sekitarnya.
Inkscape juga menyimpan sejarah dari tingkat zoom Anda telah digunakan dalam sesi kerja. Tekan tombol `untuk kembali ke zoom sebelumnya, atau Shift +` untuk maju.

Inkscape tools

Toolbar vertikal di sebelah kiri menunjukkan gambar dan mengedit Inkscape itu alat. Di bagian atas jendela, di bawah menu, ada bar Perintah dengan tombol perintah umum dan Alat Kontrol bar dengan kontrol yang spesifik untuk setiap perangkat. Status bar di bagian bawah jendela akan menampilkan petunjuk yang bermanfaat dan pesan saat Anda bekerja.
Banyak operasi yang tersedia melalui shortcut keyboard. Buka 
Help > Keys dan mouse untuk melihat referensi yang lengkap.

Creating and managing documents

Untuk membuat dokumen kosong baru, gunakan File> New atau tekan Ctrl + N. Untuk membuka dokumen SVG yang ada, gunakan File> Open (Ctrl + O). Untuk menghemat, gunakan File> Save (Ctrl + S), atau Save As (Shift + Ctrl + S) untuk menyimpan dengan nama baru. (Inkscape masih mungkin tidak stabil, jadi ingatlah untuk menyimpan sering!)
Inkscape menggunakan format (Scalable Vector Graphics) SVG untuk file-nya. SVG adalah standar terbuka luas didukung oleh perangkat lunak grafis. File SVG didasarkan pada XML dan dapat diedit dengan teks atau editor XML (terlepas dari Inkscape, yaitu). Selain SVG, Inkscape dapat mengimpor dan mengekspor beberapa format lainnya (EPS, PNG).
Inkscape membuka jendela dokumen terpisah untuk setiap dokumen. Anda dapat menavigasi di antara mereka menggunakan window manager Anda (misalnya dengan Tab + Alt), atau Anda dapat menggunakan cara pintas Inkscape, Ctrl + Tab, yang akan siklus melalui semua jendela dokumen terbuka. (Buat dokumen baru sekarang dan beralih di antara itu dan dokumen ini untuk latihan.) Catatan: Inkscape memperlakukan jendela seperti tab di web browser, ini berarti tombol Ctrl + Tab pintas hanya bekerja dengan dokumen berjalan dalam proses yang sama. Jika Anda membuka beberapa file dari file browser atau meluncurkan lebih dari satu proses Inkscape dari ikon itu tidak akan berhasil.

Creating shapes

Waktu untuk beberapa bentuk yang bagus! Klik Rectangle tool di toolbar (atau tekan F4) dan klik-dan-tarik, baik dalam sebuah dokumen kosong baru atau di sini:
An example image 
Seperti yang Anda lihat, persegi panjang standar datang biru, dengan stroke hitam (garis), dan sepenuhnya buram. Kita akan melihat bagaimana mengubah di bawah itu. Dengan alat-alat lain, Anda juga dapat membuat elips, bintang, dan spiral:
An example image
Alat-alat ini secara kolektif dikenal sebagai alat bentuk. Setiap bentuk yang Anda buat menampilkan satu atau lebih berbentuk berlian menangani; mencoba menyeret mereka untuk melihat bagaimana bentuk merespon. Panel Kontrol untuk shape tool adalah cara lain untuk men-tweak bentuk; kontrol ini mempengaruhi bentuk yang dipilih saat ini (yaitu mereka yang menampilkan menangani) dan mengatur default yang akan diterapkan ke bentuk yang baru dibuat. 

Untuk membatalkan tindakan terakhir Anda, tekan Ctrl + Z. (Atau, jika Anda berubah pikiran lagi, Anda dapat mengulang aksi dibatalkan oleh Shift + Ctrl + Z.)

Moving, scaling, rotating

Alat Inkscape yang paling sering digunakan adalah Selector tersebut. Klik tombol paling atas (dengan panah) pada toolbar, atau tekan F1 atau Space. Sekarang Anda dapat memilih setiap obyek di kanvas. Klik pada persegi panjang di bawah ini.
An example image
Anda akan melihat delapan berbentuk panah menangani muncul di sekitar objek. Sekarang Anda dapat:
  • Memindahkan objek dengan menyeretnya. (Tekan Ctrl untuk membatasi gerakan ke horisontal dan vertikal.)
  • Skala objek dengan menyeret menangani. (Tekan Ctrl untuk melestarikan rasio tinggi / lebar asli.)
Sekarang klik persegi panjang lagi. Menangani perubahan. Sekarang Anda dapat:
  • Memutar objek dengan menyeret menangani sudut. (Tekan Ctrl untuk membatasi rotasi ke 15 derajat langkah Tarik tanda silang untuk posisi pusat rotasi..)
  • Skew (geser) dengan menyeret objek non-sudut menangani. (Tekan Ctrl untuk membatasi bias sampai 15 langkah derajat.)
Sementara di Selector, Anda juga dapat menggunakan kolom entri numerik di bar Kontrol (di atas kanvas) untuk mengatur nilai-nilai yang tepat untuk koordinat (X dan Y) dan ukuran (W dan H) seleksi.

Transforming by keys

Salah satu fitur Inkscape yang membedakannya dari kebanyakan editor vektor lainnya adalah penekanan pada aksesibilitas keyboard. Hampir tak ada perintah atau tindakan yang mungkin dilakukan dari keyboard, dan mengubah objek tidak terkecuali.
Anda dapat menggunakan keyboard untuk memindahkan (tombol panah), skala (<and> kunci), dan memutar ([and] kunci) obyek. Standar bergerak dan skala adalah dengan 2 px; dengan Shift, Anda bergerak sebesar 10 kali. Ctrl +> dan Ctrl + < skala atas atau bawah untuk 200% atau 50% dari aslinya, masing-masing. Standar berputar adalah dengan 15 derajat, dengan Ctrl, Anda dapat memutar 90 derajat.
Namun, mungkin yang paling berguna adalah ukuran pixel transformasi, dipanggil dengan menggunakan Alt dengan tombol transform. Sebagai contoh, Alt + panah akan memindahkan pilihan oleh 1 piksel di zoom saat ini (yaitu dengan 1 piksel layar, tidak menjadi bingung dengan unit px yang merupakan satuan panjang SVG independen zoom). Ini berarti bahwa jika Anda memperbesar, satu Alt + panah akan menghasilkan gerakan absolut kecil yang masih akan terlihat seperti sentuhan satu-piksel pada layar Anda. Dengan demikian dimungkinkan untuk posisi objek dengan presisi sewenang-wenang hanya dengan memperbesar atau keluar yang diperlukan.
Demikian pula, Alt +> dan Alt + <skala seleksi sehingga ukurannya perubahan yang terlihat oleh satu pixel layar, dan Alt + [and Alt +] memutar sehingga yang terjauh-dari-titik pusat bergerak oleh satu pixel layar.
Catatan: pengguna Linux mungkin tidak mendapatkan hasil yang diharapkan dengan Alt + panah dan beberapa kombinasi tombol lain jika Window Manager mereka menangkap peristiwa-peristiwa penting sebelum mereka mencapai aplikasi inkscape. Salah satu solusi akan mengubah konfigurasi WM sesuai dengan itu.

Multiple selections

Anda dapat memilih sejumlah objek secara bersamaan dengan Shift + klik mereka. Atau, Anda dapat menarik sekitar benda Anda perlu memilih, hal ini disebut seleksi rubberband. (Pemilih menciptakan rubberband ketika menyeret dari ruang kosong, namun, jika Anda tekan Shift sebelum memulai untuk drag, Inkscape akan selalu menciptakan rubberband tersebut.) Praktek dengan memilih semua tiga bentuk di bawah ini:
An example image
Sekarang, gunakan rubberband (dengan drag atau Shift + drag) untuk memilih dua elips tetapi tidak persegi panjang:
An example image
Setiap objek individu dalam pilihan menampilkan isyarat pilihan - secara default, bingkai persegi panjang putus-putus. Isyarat ini membuatnya mudah untuk melihat sekaligus apa yang dipilih dan apa yang tidak. Misalnya, jika Anda memilih kedua dua elips dan persegi panjang, tanpa isyarat Anda akan memiliki waktu sulit menebak apakah elips yang dipilih atau tidak.
Shift + klik pada objek yang dipilih tidak termasuk dari seleksi. Pilih semua tiga obyek di atas, kemudian gunakan Shift + klik untuk mengecualikan kedua elips dari pemilihan hanya menyisakan persegi panjang yang dipilih.
Menekan Esc membatalkan pilihan benda yang dipilih. Ctrl + A memilih semua objek pada lapisan saat ini (jika Anda tidak membuat lapisan, ini adalah sama seperti semua objek dalam dokumen).

Grouping

Beberapa benda dapat dikombinasikan menjadi sebuah kelompok. Sebuah kelompok berperilaku sebagai objek tunggal ketika Anda tarik atau mengubahnya. Di bawah, tiga benda di sebelah kiri adalah independen, tiga benda yang sama di sebelah kanan dikelompokkan. Cobalah untuk menyeret grup.
An example image
Untuk membuat grup, Anda pilih satu atau lebih objek dan tekan Ctrl + G. Untuk ungroup satu atau lebih kelompok, pilih mereka dan tekan Ctrl + U. Kelompok itu sendiri dapat dikelompokkan, seperti benda-benda lain; kelompok rekursif seperti itu mungkin pergi ke kedalaman sewenang-wenang. Namun, Ctrl + U ungroups hanya tingkat paling atas pengelompokan dalam seleksi, Anda akan perlu tekan Ctrl + U berulang kali jika Anda ingin benar-benar ungroup yang mendalam kelompok dalam kelompok.
Anda tidak perlu harus ungroup, namun, jika Anda ingin mengedit suatu objek dalam suatu kelompok. Hanya Ctrl + klik objek itu dan itu akan dipilih dan diedit sendiri, atau Shift + Ctrl + klik beberapa objek (di dalam atau di luar kelompok-kelompok) untuk beberapa pilihan terlepas dari pengelompokan. Cobalah untuk memindahkan atau mengubah bentuk individu dalam kelompok (atas kanan) tanpa ungrouping itu, kemudian hapus dan pilih grup yang biasanya untuk melihat bahwa itu masih tetap dikelompokkan.

Fill and stroke

Banyak fungsi Inkscape adalah tersedia melalui dialog. Mungkin cara paling sederhana untuk melukis objek beberapa warna adalah untuk membuka dialog potongan-potongan dari menu View (atau tekan Shift + Ctrl + W), pilih obyek, dan klik carikan untuk melukis itu (mengubah warna isi nya).
Lebih kuat adalah dialog Isi dan Stroke dari menu Object (atau tekan Shift + Ctrl + F). Pilih bentuk di bawah ini dan membuka dialog Isi dan Stroke.
An example image
Anda akan melihat bahwa dialog ini memiliki tiga tab: Isi, cat Stroke, dan gaya Stroke. Isi tab memungkinkan Anda mengedit isi (interior) dari objek yang dipilih (s). Menggunakan tombol tepat di bawah tab, Anda dapat memilih jenis isi, termasuk tidak mengisi (tombol dengan X), warna datar isi, serta gradien linear atau radial. Untuk bentuk di atas, tombol mengisi datar akan diaktifkan.
Lebih lanjut di bawah, Anda melihat koleksi pemetik warna, masing-masing pada tab sendiri: RGB, CMYK, HSL, dan roda. Mungkin yang paling nyaman adalah pemilih roda, di mana Anda dapat memutar segitiga untuk memilih warna pada roda, dan kemudian pilih warna rona bahwa dalam segitiga. Semua pemetik warna mengandung slider untuk mengatur alpha (opacity) dari objek yang dipilih (s).
Setiap kali Anda memilih objek, color picker diperbarui untuk menampilkan isi saat ini dan stroke (untuk objek yang dipilih beberapa, dialog menunjukkan warna rata-rata mereka). Bermain dengan sampel ini atau membuat Anda sendiri:
An example image
Menggunakan tab cat Stroke, Anda dapat menghapus stroke (garis) dari objek, atau menetapkan setiap warna atau transparansi untuk itu:
An example image
Tab terakhir, gaya Stroke, memungkinkan Anda mengatur lebar dan parameter lain dari stroke:
An example image
Akhirnya, bukannya warna datar, Anda dapat menggunakan gradien untuk mengisi dan / atau stroke:
An example image
Bila Anda beralih dari warna datar dengan gradien, gradien yang baru dibuat menggunakan warna datar sebelumnya, pergi dari buram ke transparan. Beralih ke Gradient tool (Ctrl + F1) untuk menyeret gradien menangani - kontrol dihubungkan oleh garis-garis yang mendefinisikan arah dan panjang gradien. Ketika salah satu gradien menangani dipilih (disorot biru), dialog Isi dan Stroke set warna menangani bukan warna obyek yang dipilih seluruh.
Namun cara lain yang mudah untuk mengubah warna suatu objek adalah dengan menggunakan alat dropper (F7). Cukup klik di mana saja di gambar dengan alat itu, dan memilih warna akan ditugaskan untuk mengisi objek yang dipilih (Shift + klik akan menetapkan warna stroke).

Duplication, alignment, distribution

Salah satu operasi yang paling umum adalah duplikasi obyek (Ctrl + D). Duplikat ditempatkan persis di atas asli dan dipilih, sehingga Anda dapat tarik pergi oleh mouse atau dengan tombol panah. Untuk latihan, cobalah untuk mengisi garis dengan salinan dari kotak hitam:
An example image
Kemungkinannya adalah, salinan persegi ditempatkan lebih atau kurang secara acak. Ini adalah tempat dialog Align (Ctrl + Shift + A) adalah berguna. Pilih semua kotak (Shift + klik atau drag rubberband a), membuka dialog dan tekan tombol "Center pada sumbu horizontal" tombol, maka "Membuat kesenjangan horisontal antara objek yang sama" tombol (baca tooltip tombol). Benda-benda sekarang rapi selaras dan didistribusikan equispacedly. Berikut adalah beberapa contoh lain dan keselarasan distribusi:
An example image

Z-order

Istilah z-order mengacu pada urutan penumpukan objek dalam yaitu, menggambar objek yang berada di atas orang lain dan tidak jelas. Dua perintah dalam menu Obyek, Naikkan ke Atas (tombol Home) dan Lower ke Bawah (tombol End), akan memindahkan objek yang dipilih ke bagian paling bawah atas atau sangat dari lapisan saat ini agar z-. Dua perintah lagi, Naikkan (PgUp) dan Lower (PgDn), akan tenggelam atau emerge pemilihan satu langkah saja, yaitu bergerak melewati satu non-dipilih objek di z-order (hanya objek yang tumpang tindih hitungan seleksi; jika tidak ada tumpang-tindih dengan seleksi, dan Lower Naikkan memindahkan semua jalan ke atas atau bawah Sejalan).
Praktek menggunakan perintah ini dengan membalik urutan z-benda di bawah ini, sehingga paling kiri adalah elips di atas dan satu paling kanan adalah di bagian bawah:
An example image
Sebuah pilihan yang sangat berguna pintas adalah tombol Tab. Jika tidak dipilih, memilih objek paling bawah; jika tidak memilih objek di atas objek yang dipilih (s) di z-order. Shift + Tab bekerja secara terbalik, mulai dari obyek paling atas dan melanjutkan ke bawah. Karena objek yang Anda buat akan ditambahkan ke bagian atas tumpukan, menekan Shift + Tab yang dipilih dengan tidak mudah akan memilih objek yang Anda buat lalu. Praktek Tab dan Shift + tombol Tab pada tumpukan elips di atas.

Selecting under and dragging selected

Apa yang harus dilakukan jika objek yang Anda butuhkan adalah tersembunyi di balik obyek lain? Anda masih dapat melihat obyek bawah jika yang atas adalah (sebagian) transparan, tapi mengkliknya akan memilih objek atas, bukan yang Anda butuhkan.
Ini adalah apa Alt + klik untuk. Pertama Alt + klik objek memilih atas seperti biasa klik. Namun, Alt berikutnya + klik pada titik yang sama akan memilih objek di bawah satu atas; berikutnya, objek masih lebih rendah, dll Jadi, Alt + klik beberapa berturut-turut akan siklus, atas-ke-bawah, melalui tumpukan z-order seluruh objek pada titik klik. Ketika objek bawah tercapai, Alt + selanjutnya klik akan, alami, lagi pilih objek paling atas.
[Jika Anda berada di Linux, Anda mungkin menemukan bahwa Alt + klik tidak bekerja dengan benar. Sebaliknya, mungkin memindahkan jendela Inkscape keseluruhan. Hal ini karena window manager Anda telah mencadangkan Alt + klik untuk tindakan yang berbeda. Cara untuk memperbaiki ini adalah untuk menemukan konfigurasi Perilaku Jendela untuk window manager Anda, dan baik mematikannya, atau peta untuk menggunakan kunci Meta (alias Tombol Windows), aplikasi sehingga Inkscape dan lainnya dapat menggunakan tombol Alt bebas.]
Ini bagus, tetapi sekali Anda memilih objek-di-permukaan bawah, apa yang dapat Anda lakukan dengan itu? Anda dapat menggunakan tombol untuk mengubahnya, dan Anda dapat tarik pilihan pegangan. Namun, menyeret obyek itu sendiri akan mengatur ulang pilihan ke objek atas lagi (ini adalah bagaimana klik-dan-tarik dirancang untuk bekerja - itu memilih obyek (atas) di bawah kursor pertama, kemudian menyeret pemilihan). Untuk memberitahu Inkscape untuk menyeret apa yang dipilih sekarang tanpa memilih apa pun, menggunakan Alt + drag. Hal ini akan memindahkan pilihan saat ini di mana pun Anda tarik mouse Anda.
Praktek Alt + klik dan Alt + drag pada dua bentuk cokelat di bawah persegi panjang transparan hijau:

 An example image


2 comments:

Handoko said...

Terima kasih tutorial dasarnya. Tapi kok tidak ada tutorial Inkscape lanjutannya?

riyanto anto said...

mantap

Post a Comment

Silahkan Baca Artikel Saya......