materi GIMP 1


GIMP 1: Software Grafis Alternatif


GIMP adalah multi-platform tool manipulasi foto.GIMP adalah akronim untuk Program Manipulasi Gambar GNU. GIMP cocok untuk berbagai tugas manipulasi gambar, termasuk retouching foto, komposisi gambar, dan gambar konstruksi.
GIMP memiliki banyak kemampuan. Dapat digunakan sebagai program paint yang sederhana, seorang ahli kualitas foto retouching program, sebuah sistem online batch processing, sebuah produksi massa renderer gambar, gambar format converter, dll.
GIMP adalah dapat dikembangkan dan extensible. Perangkat ini dirancang untuk dikembangkan dengan plug-in dan ekstensi untuk melakukan hampir segala hal. Advanced scripting interface yang memungkinkan semuanya dari tugas sederhana hingga prosedur yang paling rumit untuk manipulasi gambar.
Salah satu kekuatan dari GIMP adalah tersedia secara bebas dari berbagai sumber untuk berbagai sistem operasi. GIMP juga tersedia untuk sistem operasi lain seperti Microsoft Windows ™ atau Apple’s Mac OS X ™ (Darwin). GIMP adalah Free Software aplikasi yang tercakup oleh General Public License (GPL). GPL memberikan kebebasan pengguna untuk mengakses dan mengubah kode sumber yang membuat program komputer.
1.1. Penulis
Versi pertama dari GIMP ini ditulis oleh Peter Mattis dan Spencer Kimball. Banyak pengembang baru-baru ini telah memberikan kontribusi lebih dan ribuan lainnya telah memberikan dukungan dan pengujian. Rilis GIMP saat ini sedang disusun ulang olehSven Neumann dan Mitch Natterer dan anggota lain dari GIMP-Team.
1.2. Bantuan sistem (Help System) GIMP
Tim Dokumentasi GIMP dan pengguna lain telah menyediakan kepada anda informasi yang dibutuhkan untuk memahami bagaimana menggunakan GIMP. User Manual adalah bagian penting dari bantuan ini. Versi saat ini ada di situs web dari Tim Dokumentasi dalam format HTML. HTML versi ini juga tersedia sebagai konteks terintegrasi dengan program yang membantu (jika Anda menginstallnya) ketika menggunakan GIMP hanya dengan menekan tombol F1. Bantuan khusus pada menu dapat diakses dengan menekan tombol F1 saat mouse pointer fokus pada menu item.
1.3. Fitur dan Kemampuan
Daftar berikut ini merupakan ringkasan singkat dari beberapa fitur dan kemampuan GIMP Anda:
  • Suite yang lengkap termasuk alat-alat melukis brushes, pencil, airbrush,cloning, dll
  • Tile berbasis manajemen memori, sehingga ukuran gambar hanya dibatasi oleh ruang disk yang tersedia
  • Sub-pixel sampling untuk semua alat-alat untuk high-quality anti-aliasing
  • Dukungan penuh Alpha channel untuk bekerja dengan transparansi
  • Layer dan Channel
  • Prosedur internal database untuk memanggil fungsi-fungsi GIMP dari program eksternal, seperti Script-Fu
  • Kemampuan Advanced Scripting
  • Multiple undo/redo (dibatasi oleh ruang disk)
  • Transformation tools termasuk rotate, scale, sheare dan flip
  • Dukungan untuk berbagai macam format file, termasuk GIF, JPEG, PNG, XPM,TIFF, TGA, MPEG, PS, PDF, PCX, BMP dan sebagainya
  • Peralatan selection, termasuk rectangular, elips, free, fuzzy, bezier danintelligent scissors
  • Plug-in yang memungkinkan untuk memudahkan penambahan format file baru dan filter efek baru

1 comments:

Post a Comment

Silahkan Baca Artikel Saya......