materi Gimp 3


GIMP 3: Konsep Dasar GIMP

Melanjutkan tulisan sebelumnya, bagian ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran singkat pengenalan mengenai konsep dasar dan terminologi yang perlu dipahami dari seluruh dokumentasi GIMP. Semua konsep dasar yang dijelaskan di sini akan dijelaskan lebih mendalam di bagian lain secara terpisah.
IMAGES
Gambar adalah entitas dasar di mana GIMP akan bekerja. Satu “gambar” terkait dengan satu file, seperti file JPEG atau TIFF. Anda juga dapat berpikir bahwa satu gambar menampilkan satu jendela, namun hal ini tidak cukup benar: sangat mungkin pada GIMP untuk memiliki banyak jendela yang menampilkan semua gambar yang sama.
Gambar GIMP mungkin hal yang cukup rumit. Alih-alih berpikir untuk sebagai sesuatu seperti lembaran kertas dengan gambar di atasnya, Anda harus berpikir lebih dari itu sebagai seperti buku, halaman yang disebut “lapisan” Selain dari suatu tumpukan lapisan, gambar GIMP yang mungkin berisi seleksi masker, satu set channel, dan satu set path. Bahkan, GIMP menyediakan sebuah mekanisme untuk melampirkan acak bagian data, yang disebut “parasit”, untuk mengambil gambar.
Dalam GIMP, adalah mungkin untuk memiliki banyak foto yang dibuka pada saat yang sama. Jika masing-masing gambar memiliki ukuran yang besar, masing-masing gambar dapat menggunakan banyak megabyte memori, tetapi menggunakan GIMP yang canggih berbasis sistem manajemen memori yang memungkinkan untuk menangani gambar sangat besar dengan sangat baik. Namun, ada batasnya, dan sebaiknya memiliki lebih banyak memori yang tersedia untuk dapat membantu meningkatkan performa sistem.
LAYER
Jika suatu gambar seperti buku, maka layer seperti halaman buku. Gambar sederhana hanya berisi satu lapisan atau layer, dan dapat diperlakukan seperti satu lembar kertas, tetapi pengguna canggih GIMP sering berurusan dengan gambar-gambar yang berisi banyak lapisan/layer, bahkan puluhan. Lapisan/layer tidak perlu opaque, dan mereka tidak perlu menutupi seluruh permukaan dari suatu gambar, sehingga bila Anda melihat foto dari layer, Anda dapat melihat lebih dari sekedar bagian atas lapisan/layer: Anda mungkin melihat banyak elemen lapisan/layer.
CHANNEL
Dalam GIMP, channel adalah unit terkecil dari bagian dalam tumpukan dari lapisan yang dibangun pada gambar. Setiap channel di layer memiliki ukuran yang sama persis seperti yang berada di layer lain dan akibatnya terdiri dari pixel yang sama. Setiap piksel dapat dianggap sebagai sebuah wadah yang bisa diisi dengan nilai mulai dari 0 hingga 255. Makna yang tepat dari nilai ini tergantung pada jenis channel, misalnya dalam model warna RGB nilai di R-channel berarti jumlah merah yang ditambahkan ke warna piksel yang berbeda, nilai pada selection channel menunjukkan seberapa kuat pixel yang dipilih dan nilai angka pada alpha channel menunjukkan seberapa transparan pixel yang terkait.
SELECTION
Sering bila Anda melakukan sesuatu untuk gambar, Anda hanya ingin mengubah sedikit atau sebagian dari gambar tersebut. Maka, “selection” membuat maksud Anda menjadi mungkin. Setiap gambar memiliki selection, yang biasanya Anda lihat sebagai garis putus-putus yang bergerak-gerak yang memisahkan bagian-bagian yang dipilih (selected) dari bagian yang tidak terpilih (unselected) (yang disebut “marching ants”). Sebenarnya ini agak sedikit membingungkan: pilihan dalam GIMP cukup banyak di mana bisa juga diwakili oleh grayscale channel. Anda juga dapat memvisualisasikan pemilihan di semua detail channel dengan tombol QuickMask.
Penggunaan GIMP akan efektif dan terasa manfaatnya serta memperoleh seni terbaik terletak pada pembuatan pilihan-pilihan (selections) yang berisi apa yang Anda butuhkan dan mana yang tidak lagi dibutuhkan. Karena selection sangat penting, GIMP memberikan banyak peralatan untuk melakukannya: an assortment selection-membuat alat-alat, sebuah menu pilihan operasi, dan kemampuan untuk berpindah ke mode Quick Mask, di mana Anda dapat memperlakukan selection channel seolah-olah ia merupakan color channel.UNDO
Bila Anda membuat kesalahan, Anda dapat membatalkan mereka. Hampir semua yang Anda lakukan untuk suatu gambar bisa dibatalkan atau diulang. Bahkan, Anda dapat membatalkan banyak aktifitas yang telah diterapkan pada gambar jika memang hal tersebut anda rasa salah dan tidak memenuhi selera anda. GIMP membuat Anda sangat mungkin mempertahankan history tindakan Anda. History ini dipakai memori, sehingga pembatalan yang dapat Anda lakukan tidak tak terbatas. Beberapa tindakan menggunakan sedikit undo memori, sehingga Anda dapat melakukan puluhan pembatalan sebelum history awal dihapus dari memory; jenis tindakan besar memerlukan memori yang besar. Anda dapat mengatur jumlah memori GIMP yang memungkinkan untuk membatalkan history dari masing-masing gambar, tetapi dalam keadaan apapun, Anda selalu dapat membatalkan setidaknya 2-3 tindakan terkini.
Plug-in
Banyak, mungkin sebagian besar, hal-hal yang Anda lakukan untuk mengambil gambar dalam GIMP yang dilakukan oleh GIMP aplikasi itu sendiri. Namun, GIMP juga ekstensif menggunakan “plug-in”, yang merupakan program eksternal yang berinteraksi sangat erat dengan GIMP, dan mampu memanipulasi foto dan objek lainnya dengan cara sangat canggih. Penting banyak plug-in datang bersama-sama dengan paket GIMP, tetapi ada juga banyak tersedia dengan cara lain. Semua perintah di dalam menu Filter, dan jumlah besar perintah dalam menu lainnya, juga dieksekusi sebagai plug-in.
Skrip
Selain plug-in, GIMP juga dapat menggunakan skrip. Skrip program yang ditulis dalam bahasa C, skrip yang ditulis dalam bahasa C ini biasa disebut Script-Fu. Adalah mungkin juga untuk menulis di GIMP skrip Phyton atau Perl. Bahasa ini lebih fleksibel dan canggih dari Script-Fu; kekurangannya adalah mereka (Phyton atau Perl) yang bergantung pada perangkat lunak yang tidak datang secara otomatis dengan kemasan GIMP, sehingga mereka tidak dijamin untuk bekerja dengan baik dalam setiap instalasi GIMP.

3 comments:

Post a Comment

Silahkan Baca Artikel Saya......